KEREN TREND

5 July 2016

Ini Dia Lima Hal yang Akan Membuat Kita Kagum pada Ambon

16:23

Kota yang berada di Indonesia bagian timur ini memang menyimpan banyak sekali kekayaan, baik wisata maupun cerita unik yang ada pada masyarakatnya. Orang Ambon memiliki ciri khas hitam manis. Bahkan banyak yang menyebut orang Ambon seperti sagu, yang bagian dalamnya putih. Untuk lebih mengenal Ambon, berikut ini adalah lima hal yang yang akan membuat kita kagum.

Sopan santun

Layaknya orang Jawa yang memiliki ‘unggah ungguh’ atau sopan santun, demikian pula dengan orang Ambon yang juga memiliki budaya sopan santun ketika berinteraksi dengan masyarakat lainnya. Orang Ambon tak hanya menghormati orang-orang yang dianggap lebih tua. 
[ Image Source ]
Bahkan untuk masyarakat yang lebih muda sekalipun, orang Ambon tetap menghormati. Salah satu cara untuk menghormati yang lebih muda yaitu dengan menambahkan embel-embel pada panggilan mereka, seperti ade, nyong atau nona.

Membudayakan kejujuran

Barangkali sudah mendarah daging kalau orang Ambon itu suka bicara blak-blakan. Namun hal itu justru yang membanggakan. Tak semua orang bisa berkata jujur ketika tidak menyukai sesuatu. 
[ Image Source ]
Namun orang Ambon lebih memilih mengatakan terang-terangan. Tak hanya itu, orang Ambon juga ekspresif ketika mereka merasa kesal. Namun, mereka bukan tipe yang suka menyimpan dendam. Selesai urusan, mereka akan bersikap seperti biasa.

Orang Ambon suka berkumpul

Lelaki Ambon biasanya suka sekali berkumpul. Mereka membicarakan banyak hal, seperti masalah dan sebagainya. Jika di antara mereka ada yang memiliki masalah, maka yang lain juga akan membantu mencari jalan keluar. 
[ Image Source ]
Jadi, masalah bisa dipecahkan bersama. Jika tidak ada yang memiliki masalah, mereka akan ngobrol atau bernyanyi bersama. Hal tersebut juga bermanfaat untuk mempererat tali persaudaraan dan keakraban.

Rasa persaudaraan yang kuat

[ Image Source ]
Sesama orang Ambon biasanya memiliki ikatan emosional. Kedekatan sesama orang Ambon bahkan bisa seperti saudara kandung. Jika ada sesamanya yang mengalami kesusahan, 
tak akan tinggal diam rekannya tersebut. Pasti akan mengulurkan tangan dan membantu sebisa mungkin. Menjaga tali persaudaraan sudah seperti amanat yang harus dipegang erat.

Pantai di Ambon sangat luar biasa

Pantai di Ambon memiliki standart internasional. Pemandangannya begitu indah dan banyak diminati wisatawan. Begitu indahnya hingga diberi julukan Oasis di tengah lautan oleh China abad ke-7. Beberapa pantai terkenal di Ambon yaitu, pantai Ora, Pantai Natsepa, Pantai Liang dan lain sebagainya.

Lima hal tentang Ambon di atas sekiranya cukup membuat kita kagum. Jalan-jalan ke Ambon, tentulah banyak hal yang bisa kita lakukan, seperti menjelajah pantai dan berbaur dengan masyarakat Ambon, tentu akan jadi pengalaman luar biasa. 

Written by

Kita seorang Penulis yang hanya ingin berbagi. Dengan Tulisan kita membuka jendela dunia dan menjadikan mata sebagai ganti tangan dan kaki kita. Selamat Membaca ^_^

1 comments:

  1. Ada benarnya, tapi pengalaman saya di Ambon dulu... Anak mudanya suka "Bamaki" hehehehe....becanda aja :) Senang ada yang mau mengangkat Ambon jadi tulisan seperti ini :)

    ReplyDelete

 

© 2013 Info Keren dan Paling Ngetrend. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top