KEREN TREND

9 June 2016

Tidak Hanya Rekreasi, 5 Tempat Ini Bisa Membuatmu Belajar Tentang Sejarah

11:37





            Menikmati masa libur sekolah atau cuti kerja dengan berlibur ke suatu tempat yang mengasikkan tentu siapapun tidak akan menolaknya. Daftar tempat wisata pun akan segera kamu cari bisa berupa informasi dari internet atau teman yang pernah berkunjung ke tempat tersebut. Tapi, bukankah tambah seru apabila berlibur namun juga mendapatkan ilmu yang berguna dalam mengenal sejarah?
            Lima tempat wisata keren berikut ini dijamin akan membuatmu betah berlama-lama menikmati setiap sisinya. Bangunan-bangunan ini pun terkesan klasik dengan sejumlah ornamen yang mengingatkanmu pada masa lalu. Inilah 5 tempat wisata yang akan membuatmu belajar sejarah begitu masuk di dalamnya. Jangan lupa menyiapkan kamera untuk mengabadikan setiap momemnya.
1.      House of Sampoerna
[ image source ]
Jika kamu sedang berada di Surabaya, House of Sampoerna bisa menjadi pilihan berliburmu. Bangunan yang dalam sejarahnya merupakan panti asuhan yang didirikan oleh Belanda pada tahun 1862 ini kemudian disulap menjadi pabrik rokok pertama yang berdiri di Indonesia.  Saat ini bangunan tersebut telah beralih fungsi menjadi museum. Di dalamnya kamu bisa melihat galeri seni berisi segala informasi soal sejarah rokok sampoerna dari masa ke masa, selain itu ada sejumlah karta seni yang mengagumkan dari seniman Indonesia. Tidak hanya itu di tempat ini disediakan pula coffe shop.
2.       Kamp pengungsian warga Vietnam
 
[ image source ]
Dulunya karena sebuah perang ideologi yang menewaskan banyak jiwa, orang-orang Vietnam yang berjumlah ratusan mengungsi dengan menggunakan kapal nelayan menyeberangi laut China Selatan hingga akhirnya sampai di Pulau Galang, Batam. Warga Vietnam yang mengungsi tersebut mendapat julukan sebagai Manusia Perahu yang kemudian hidup dengan mengandalkan kekayaan alam serta bantuan PBB. Pemerintahan Indonesia pun ikut andil dengan membangun sejumlah rumah serta tempat ibadah.
3.      Museum Bank Indonesia
[ image source ]
Museum Bank Indonesia berlokasikan di Jalan Pintu Besar Utara Jakarta Barat. Museum ini dinobatkan menjadi museum terbaik yang banyak dikunjungi.  Di dalamnya, kamu akan menemukan beragam koleksi soal sejarah akan perekonomian Indonesia. Karena kecanggihan tekhnologi, di tempat ini kamu akan belajar sejarah dengan menyenangkan dan tidak membosankan. Salah satu peragaan menarik adalah ruangan interaktif hologram, karena di tempat ini kamu bisa menangkap koin yang sengaja dibuat melayang yang kemudian akan muncul informasi begitu kamu bisa menangkapnya. Tidak hanya itu kamu juga bisa melihat diorama serta koleksi uang dari berbagai negera di tempat ini.
4.      Museum Fatahillah
[ image source ]
Museum satu ini pasti tidak asing lagi, bahkan di kalangan anak muda karena bentuk bangunannya yang klasik dan unik untuk para pecinta instagram. Lokasi museum Fatahillah sendiri tak jauh dari Museum Bank Indonesia. Di dalamnya kamu akan menemukan beragam koleksi mengenai sejarah berupa prasasyi peninggalan Kerajaan Tarumanegara, mimbar Masjid Kampung Baru, serta masih banyak lagi. Bagi kamu pecandu buku, di museum ini terdapat sekitar seribu judul buku dalam empat bahasa, yaitu bahasa Belanda, Melayu, Inggris, serta Arab.
5.       Pelabuhan Sunda Kelapa
 
[ image source ]
Masih dilokasi yang sama yaitu di daerah Jakarta, Pelabuhan Sunda Kelapa dulunya merupakan cikal bakal dari Jakarta yang ada saat ini. Pelabuhan yang  dikenal  sebagai Pasar Ikan ini dulunya merupakan pelabuhan penting karena lokasinya yang sangat strategis untuk perdagangan Asia. Sekarang pelabuhan satu ini menjadi tujuan wisata yang menyuguhkan panorama indah, terlebih ketika menjelang senja. Selain itu sejumlah tempat makan yang berada di sekitar pelabuhan akan membuatmu terpuaskan dengan sajian seafood-nya yang lezat.

Written by

Kita seorang Penulis yang hanya ingin berbagi. Dengan Tulisan kita membuka jendela dunia dan menjadikan mata sebagai ganti tangan dan kaki kita. Selamat Membaca ^_^

0 comments:

Post a Comment

 

© 2013 Info Keren dan Paling Ngetrend. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top