KEREN TREND

9 June 2016

Saking Indahnya 5 Masjid di Indonesia ini Bakal Bikin Kamu Ternganga

11:12





            Mayoritas penduduk Indonesia yang beragama muslim membuat keberadaan masjid bukan sesuatu yang susah untuk ditemukan. Berbeda jauh ya dengan Korea yang pernah di bahas di sini. Di Indonesia ada banyak masjid yang tersebar di penjuru nusantara dengan bentuk bangunan yang tentunya juga beragam.

            Untuk kamu yang ingin beribadah sekaligus menikmati wisata religi, masji-masjid indah ini wajib hukumnya untuk dikunjungi. Ornamen-ornamen serta arsitekturnya yang megah akan membuatmu ternganga takjub melihatnya. Berikut ini lima masjid indah tersebut yang pastinya di setiap keindahannya selalu tersimpan makna yang agung.
1.      Masjid Raya Baiturrahman
 
[ image source ]
Aceh yang terkenal dengan sebutan serambi Makkah ini memiliki masjid yang indah, yakni Masjid Raya Baiturrahman. Masjid in dibangun pada era Kesultanan Aceh, atau lebih tepatnya pada tahun 1022 H/1612 M oleh Sultan Iskandar Muda Mahkota Alam. Dalam sejarahnya, Belanda pernah membakar masjid ini yang lantas menimbulkan sulut api dari masyarakat Aceh pada 1873. Masjid ini kemudian dibangun dengan bantuan arsitektur bernama de Bruchi yang mengadaptasi gaya Moghul atau India, yang kemudian membuat masjid ini semakin indah dan menawan.
2.      Masjid Agung Jawa Tengah
[ image source ]

Masjid indah ini berada di Jalan Gajah Raya, Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang. Masjid Agung Jawa Tengah ini dibangun pada 6 September 2002 yang kemudian diresmikan oleh Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 14 November 2006. Luas masjid ini sekitar 10 hekta dengan penggabungan gaya arsitektur Jawa serta Yunani. Masjid ini mempunyai 25 pilar berwarna ungu dan dilengkapi dengan enam payung hidrolik raksasa yang menambah megah masjid ini.
3.       Masjid Al-Irsyad
[ image source ]

Masjid yang dibangun pada 2009 ini memiliki keunikan dari segi bentuk bangunan yang menyerupai kubus besar dengan warna dasar abu-abu. Selain itu adanya batu bata pada setiap dindingnya yang disusun dengan celah berbentuk selah di antara bata solid menambah nilai seni pada bangunan ibadah ini. Selain itu terdapat 99 lampu berbentuk kubus dengan nama-nama Allah.Penataan batu bata di dindingnya sangat mengagumkan di mana batu bata disusun berbentuk celah di antara bata solid. Di dalam masjid, terdapat 99 lampu berbentuk kotak dengan sebuah tulisan nama Allah. Saking luasnya, masjid ini mampu menampung 1500 jemaah.
4.       Masjid Agung Sumenep
[ image source ]

Masjid yang memiliki nama asli Masjid Jamik Panembahan Somala ini memang lebih akrab dengan sebutan Masjid Agung Sumenep. Masjid ini merupakan salah satu masjid tertua di Indonesia melihat masa pembangunannya yakni di tahun 1787 M. Arsitektur dari bangunan ini banyak terpengaruh oleh kebudayaan Tiongkok, Eropa, Jawa, dan Madura. Masjid ini memiliki menara setinggi 50 meter di sebelah barat masjid dan 13 pilar besar di dalamnya.
5.      Masjid Agung Tuban
[ image source ]


Masjid terindah terakhir adalah Masjid Agung Tuban yang berlokasikan di Kelurahan Kutarejo, Kecamatan Tuban. Masjid ini dalam sejarahnya mempunyai nama Masjid Jami. Bangunan dari masjid ini terbilang unik karena menyerupai bangunan 1001 malam. Pernik serta ornamen yang ada di masjid ini pun sangat menarik dengan kubah besarnya yang berwarna biru serta kuning. Keindahan masjid ini akan bertambah ketika malam hari karena penerangan lampu-lampu serta cahaya bulan yag menyinari kubah semakin menambah daya pikat siapapun untuk mengunjungi masjid satu ini.

Written by

Kita seorang Penulis yang hanya ingin berbagi. Dengan Tulisan kita membuka jendela dunia dan menjadikan mata sebagai ganti tangan dan kaki kita. Selamat Membaca ^_^

0 comments:

Post a Comment

 

© 2013 Info Keren dan Paling Ngetrend. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top