KEREN TREND

9 June 2016

5 Museum Paling Unik yang Cuma Ada di Indonesia

10:56

Bosan berwisata alam? Kenapa tidak coba datangi museum saja? Takut membosankan? Tenang, di Indonesia juga ada beberapa museum seru loh!
Tak selamanya museum itu berkaitan dengan benda-benda kuno atau benda-benda bersejarah. Di negeri kita tercinta ini, ada juga museum-museum yang memiliki koleksi unik-unik. Meski unik, tentu museum-museum ini juga bisa menambah pengetahuan kita. Berikut adalah museum-museum unik tersebut:


Museum Tsunami-Aceh

Terletak di Banda Aceh, museum ini dirancang oleh walikota Bandung yang juga berprofesi sebagai seorang arsitektur, yakni Ridwan Kamil. Bagian atap museum ini yang berbentuk seperti gelombang, serta gambar orang-orang yang tengah menari saman yang memenuhi bagian dinding, menjadi ciri khas dari bangunan museum ini. 
[ Image Source ]

Siap-siaplah kebasahan jika memasuki museum ini, karena akan ada efek air jatuh yang mengenai pengunjung. Di lantai tiga museum, akan ada banyak pengetahuan tentang Tsunami yang bisa didapat pengunjung. Seperti awal mula Tsunami terjadi, daerah-daerah yang berpotensi Tsunami, juga adanya simulator gempa dan Tsunami dalam bentuk empat dimensi.

Museum Tubuh Bagong-Batu

Museum ini berada di kota wisata Batu, tepatnya berada di Jl. Kartika no. 2. Yang unik dari bangunan museum ini adalah design interior museum yang  berbentuk organ-organ tubuh manusia. Di museum ini pengunjung akan mendapatkan pengetahuan mengenai organ-organ tubuh manusia. 
[ Image Source ]

Jadi tempat ini memang cocok sekali untuk tempat belajar anak-anak belajar. Jangan khawatir, di museum ini juga ada beberapa permainan dan Kafe yang akan menjauhkan pengunjung dari kebosanan.

Museum Kata-Belitung Timur

Bagi pembaca novel Laskar Pelangi, sosok Andrea Hirata pastilah tak asing lagi. Nah Sosok ini pulalah yang mendirikan museum kata ini. Berdiri semenjak tahun 2010, museum ini menyimpan koleksi 200 literatur dengan berbagai jenis bidang. 
[ Image Source ]

Museum ini sangat cocok untuk pengunjung yang tertarik pada dunia sastra atau pengunjung yang hanya sekedar hobi membaca buku. Hal unik lainnya adalah, di museum ini pengunjung bisa menuliskan sesuatu pada sehelai kartu pos, dan nanti petugas museum yang akan membantu mengirimkan kartu pos tersebut.

Museum Kesehatan Dr. Adhyatma MPH-Surabaya


Jika ingin mengetahui perkembangan dunia medis di Indonesia, kunjungi saja museum kesahatan yang berada di Surabaya ini. Sudah berdiri semenjak tahun 1990, tetapi baru diresmikan pada tahun 2004, museum ini menyajikan berbagai koleksi yang menjelaskan mengenai sejarah kesehatan di Indonesia dari zaman dulu sampai zaman sekarang. 
[ Image Source ]

Mulai dari peralatan medis dan non medis, pengobatan herbal, pengembangan iptek yang bermanfaat untuk kesehatan, juga pengobatan-pengobatan tradisional yang terkesan mistis, seperti misalnya boneka jelankung dan alat pasung.

Museum PPIPTEK-Padalarang

Terletak di dekat gerbang masuk kawasan Kota Baru Parahyangan, Padalarang, museum ini berbentuk sebagai sebuah sundial atau jam matahari. Dan kabarnya sundial ini adalah sundial terbesar di Indonesia.
[ Image Source ]

Memiliki alat peraga sains aplikatif yang bisa dicoba langsung oleh pengunjung, menjadi daya tarik dari museum ini. Museum ini memang paling cocok dikunjungi oleh orang tua dan anak. Sehingga orang tua bisa ikut mendampingi serta ikut menjelaskan beberapa alat peraga pada anak-anaknya.
Itu tadi 5 museum unik yang berada di Indonesia. Museum tak selamanya kuno dan menyeramkan bukan? Bisa juga menjadi tempat seru untuk berjalan-jalan.









Written by

Kita seorang Penulis yang hanya ingin berbagi. Dengan Tulisan kita membuka jendela dunia dan menjadikan mata sebagai ganti tangan dan kaki kita. Selamat Membaca ^_^

0 comments:

Post a Comment

 

© 2013 Info Keren dan Paling Ngetrend. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top