KEREN TREND

28 June 2016

Lima Goa Terbaik yang Ada di Indonesia

10:05

Negeri kita memiliki Goa terbaik. Apa Anda pernah mencoba berpetualang menelusuri perut bumi? Salah satu obyek wisata alam yang menarik dari Indonesia selain gunung dan air terjun, tentu saja Goa yang tak kalah diminati banyak penjunjung. Menelusuri perut bumi tentu saja akan memberikan pengalaman tersendiri, terlebih sejuta keindahan unik yang tak hanya ditemuka di dunia luar. Dan berikut ini adalah lima Goa terbaik yang sangat cocok dikunjungi.

Goa Gong

Di sekitar 140 km arah selatan kota Solo, atau sekitar 30 km dari kota Pacitan terletak Goa yang sangat indah. Bahkan, menjadi terindah di Asia Tenggara. Terletak di Desa Bomo, Kecamatan Punung, Donorejo. Goa satu ini memiliki kedalaman sepanjang 256 meter. 
[ Image Source ]
Mengunjungi Goa ini, Anda dapat menikmati stalaktit dan stalakmit yang sudah berumur ratusan tahun. Konon, nama Goa Gong ini diberikan masyarakat karena sering mendengar suara seperti suara gong yang ditabuh dari dalam Goa.

Goa Tabuhan

Lokasinya tak jauh dari Goa Gong, masih berada di daerah Pacitan. Bertempat di Bukit Kapur Tapan, Desa Wareng, Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Di dalam Goa ini, Anda akan disuguhi pemandangan indah stalakti dan stalagmit yang berusia ratusan tahun. 
[ Image Source ]
Menempel di kubah gua yang begitu luas. Yang unik, bagian stalaktit dan stalagmit tersebut jika dipukul akan mengeluarkan suara yang merdu. Oleh sebab itu, di Goa tersebut seringkali diadakan pentas musik Jawa tradisional dengan stalaktit dan stalagmit sebagai bagian dari instrumen musiknya.

Goa Petruk

Untuk mencapai Goa Petruk, sebelumnya Anda harus berjuang menaiki 250 anak tangga. Namun, setelah sampai di dalam Goa, Anda akan mendapati stalaktit dan stalagmit dengan berbagai bentuk. Masing-masing memiliki nama tersendiri, salah satunya memiliki bentuk seperti hidung Petruk, 

[ Image Source ]
hal itulah sebab kenapa masyarakat menyebut Goa ini dengan Goa Petruk. Berlokasi di Dukuh Mondoyono, Desa Candirenggo, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen. Jika sedang masuk masa liburan, tidak ada salahnya mengunjungi salah satu Goa terbaik ini.

Goa Pindul

Goa unik satu ini memiliki tiga zona, yaitu: terang, remang dan gelap. Di tengah Goa, masyarakat mengenal sebuah sumur terbalik, berupa ruangan agak besar dengan lubang di atasnya. Cahaya matahari dapat langsung masuk dari lubang tersebut. 
[ Image Source ]
Pemandangan tersebut terlihat sangat indah. Di dalam Goa Pindul, terdapat stalaktit terbesar ke-4 di dunia. Panjang Goa ini sekitar 350 meter. Lokasi wisata ini terdapat di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul.

Goa Istana Maharani

Goa ini ditemukan pertama kali di tahun 1992. Terletak di Tanjung Kodok, Lamongan, Jawa Timur. Alasan mengapa Goa ini disebut Istana Maharani tak lain adalah karena keindahannya yang menyerupai istana. Tak heran jika Goa ini dinobatkan sebagai Goa terindah di Indonesia. 
[ Image Source ]
Di dalamnya terdapat stalagtit dan stalagmit yang bentuknya beragam, ada yang menyerupai bintang, bunga mekar, bahkan menyerupai singgasana. Pihak pengelola juga cukup piawai untuk menambah keindahan Goa tersebut dengan menambah lampu warna-warni, sehingga membuat Goa terlihat lebih cantik.

Dari lima Goa terbaik di Indonesia di atas, mana menurut Anda yang paling cantik? 

Written by

Kita seorang Penulis yang hanya ingin berbagi. Dengan Tulisan kita membuka jendela dunia dan menjadikan mata sebagai ganti tangan dan kaki kita. Selamat Membaca ^_^

0 comments:

Post a Comment

 

© 2013 Info Keren dan Paling Ngetrend. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top