KEREN TREND

22 June 2016

Kabar Gembira! Mulai Tahun ini MOS Dilakukan Oleh Guru, Bukan Kakak Kelas

10:01

[ Image Source ]

Maraknya kasus kekerasan yang terjadi saat momen ‘Masa Orientasi Sekolah’ atau MOS memang membuat masyarakat merasa ngeri. Bagaimana tidak? MOS kerap kali dijadikan ajang balas dendam oleh para kakak kelas pada murid baru.  Bahkan tak jaranag terjadi kasus kekerasan pada kegiatan MOS. Mungkin bukan hal baru lagi jika kegiatan siswa tersebut sampai masuk berita kriminal di televisi akibat hilangnya nyawa peserta didik di tangan para senior.


Nyaris tiap tahun selalu terjadi kasus yang sama. Meski tiap pelaku selalu ditindak tegas, nyatanya tak membuat kapok siswa lain. Namun tahun ini, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan rupanya tak ingin kasus tersebut terulang kembali. Mereka pun mengeluarkan regulasi baru soal MOS.
Hal itu dilakukan agar tidak lagi terjadi kasus kekerasan. Regulasi baru tersebut tertuang dalam Permendikbud 18/2016 tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah.

[ Image Source ]

“Bentuk-bentuk peroekincoan, perundungan dan kekerasan fisik serta psikis harus dihapus dari sekolah,” ungkap Mendikbud Anis Baswedan di Jakarta. Tentu Mendikbud sudah jengah dengan kasus yang terjadi tiap tahunnya. Seperti diketahui, hingga tahun lalu masih banyak sekali kasus bullying yang terjadi di tiap sekolah. Tahun lalu pula seorang siswa baru asal Bekasi juga merenggang nyawa akhibat MOS.
Mendikbud pun menegaskan jika peraturan ketat akan diterapkan guna mencegah kekerasan itu terjadi. Peraturan tersebut adalah dengan menetapkan bahwa pengenalan lingkungan sekolah murini dilakukan oleh guru sekolah.

Kemendikbud sama sekali tidak berniat membatasi kegiatan yang ada di sekolah. Adanya peraturan tersebut hanya untuk menghapus budaya-budaya negatif tentang masa orientasi siswa. Semoga dengan peraturan baru ini, tidak akan ada lagi kekerasan yang menimpa siswa baru, dan MOS bukan lagi momok yang harus ditakuti.


Written by

Kita seorang Penulis yang hanya ingin berbagi. Dengan Tulisan kita membuka jendela dunia dan menjadikan mata sebagai ganti tangan dan kaki kita. Selamat Membaca ^_^

0 comments:

Post a Comment

 

© 2013 Info Keren dan Paling Ngetrend. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top