KEREN TREND

11 June 2016

Inspiratif! Inilah 5 Orang Besar yang Dulunya Hidup Serba Kekurangan

11:46

Terlahir dari keluarga miskin, bukanlah faktor penentu hidupmu akan berakhir sebagai orang miskin juga. Kekayaan dalam hidup, sesungguhnya bisa diusahakan. Diraih oleh kedua tanganmu sendiri, dengan berkeringat lebih banyak dan terjaga dari tidur lebih lama dibandingkan orang lain.
Orang-orang yang akan disebutkan di bawah ini sudah membuktikannya. Latar belakang mereka yang serba kekurangan tak lantas menjadikan mereka pasrah pada keadaan. Tantangan hidup yang ada, justru mereka tantang balik. Melawan keadaan agar bisa mereka taklukan.


Zong Qinghou

Saat masih bersekolah di SMP yang memiliki asrama, Zong harus kembali ke rumah karena ibunya tak lagi bekerja. Dan karena hal inilah akhirnya dia putuskan untuk tak melanjutkan sekolah dan memilih bekerja. Awalnya Zong bekerja sebagai pengantar susu ke sekolah-sekolah. Setelah berbulan-bulan mengantar susu, Zong yang memiliki visi untuk maju, memutuskan untuk membuat pabrik susu sendiri dengan berani meminjam uang untuk modal pembangunan pabrik. 
[ Image Source ]

Lalu lahirlah Wahana, perusahaan susu miliknya. Perusahaan ini kemudian tumbuh menjadi perusahaan yang dikenal di seantero Tiongkok. Pada tahun 1996, Danone memberikan penawaran untuk mengambil 50% saham dari Wahana. Dengan pengaturan managemen yang lebih baik, perusahaan Zong menjadi semakin berkembang. Hari ini, ada sekitar 150 perusahaan yang berada di bawah pengelolaan Wahana.

Jan Koum

Kamu pengguna aplikasi whatsapp messenger? Tahukah kamu kalau pencipta aplikasi ini, yakni Jan Koum, dulunya hidup sangat susah? Sebagai seorang imigran Ukraina yang hidup di Amerika hanya bersama seorang ibu, ketika kecil Jan Koum harus bekerja sebagai tukang sapu untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Selepas lulus sekolah, Jan Koum melanjutkan pendidikannya ke San Jose University, tetapi kemudian drop out karena prestasi Jan Koum yang malah semakin memburuk. 
[ Image Source ]

Keluar dari universitas, Jan Koum lalu melakukan berbagai pekerjaan, seperti menjadi pembungkus barang belanjaan di supermarket, bekerja di toko elektronik, sampai bekerja di perusahaan audit. Pada tahun 1997, Jan Koum bertemu dengan Brian Acton dari Yahoo. Sembilan tahun bekerja di Yahoo, Jan Koum yang merasa risih dengan banyaknya iklan yang mengganggu di Yahoo, lalu memutuskan keluar. Bermodalkan uang tabungan, Jan Koum lalu kemudian menciptakan whatsaap, sebuah aplikasi yang menawarkan layanan messenger yang cepat. Perkembangan whatsaap yang pesat, menarik facebook. Akirnya facebook ‘meminang’ whatsaap dengan harga USD 19 miliar. Kisah unik lainnya adalah bahwa kabarnya dulu Jan Koum pernah ditolak ketika melamar bekerja di facebook.

Howard Schultz

Memiliki seorang ibu yang tak lulus SMA dan seorang ayah sopir truk, Schultz bukanlah berasal dari keluarga berada. Untungnya ibunya selalu menanamkan kepercayaan diri yang tinggi kepada anak-anaknya, dan ayahnya selalu mendorong anak-anaknya untuk mencintai olahraga. Mendapatkan beasiswa sepakbola ke Northern Michigan University, Schultz menjadi orang pertama yang mengecap bangku kuliah dalam keluarganya. 
[ Image Source ]

Selepas lulus kuliah, Schultz bekerja sebagai sales di Xerox Corporation, kemudian pada tahun 1979 dia bekerja di sebuah perusahaan manufaktur yang memproduksi kopi asal Swedia bernama Hammarplast. Dari pekerjaannya inilah ia kemudian bertemu dengan founder Starbuck. Dengan usaha dan kerja kerasnya meyakinkan founder Starbuck untuk merubah konsep untuk menjadikan Starbuck sebagai sebuah bar kopi yang bisa dijadikan tempat bersosialisasi, Starbuck dan Schultz akhirnya menjadi semakin sukses. Dengan total gerai kedai kopi Satrbuck yang sudah mencapai 20.891 di 62 negara, Starbuck kini menjadi kedai kopi terbesar.

Larry Ellison

Semenjak usia 9 bulan, Larry Ellison sudah divonis pneumonia atau radang paru-paru. Dikarenakan keradaannya ini, paman dan bibinya kemudian mengadopsi Larry Ellison dan membawanya ke Chicago. Masa-masa sekolah Larry lalui dengan penuh ketentraman, sayangnya semua berubah setelah ia mengetahui bahwa orang tuanya bukanlah orang tua kandungnya. 
[ Image Source ]

Larry mengubah sikapnya yang baik dan berimbas pada prestasinya di sekolah. Ketika kuliah, ibu angkatnya meninggal, dan karena tidak adanya biaya lagi, Larry memutuskan untuk berhenti kuliah dan mencari pekerjaan. Larry lalu mengikuti kursus komputer, dan dengan kemampuannya ini akhirnya ia diterima sebagai seorang teknisi komputer. Beberapa kali pindah perusahaan, Larry bekerja sebagai seorang teknisi yang cekatan. Sampai kemudian ia menemukan sebuah tulisan tentang teori database relasional yang ditulis oleh Edgar F. Codd. Dari tulisan inilah ia menemukan ide untuk membuat sebuah proyek bernama Oracle. Saat ini Oracle dikenal sebagai sebagai perusahaan perangkat lunak kedua setelah Microsoft.

JK Rowling

Lulus dari universitas Exeter, pada tahun 1990 Rowling pindah ke Portugal untuk mengajar bahasa Inggris. Di Portugal ia lalu menikah dengan seorang wartawan Portugis. Sayangnya pernikahan ini berakhir dengan perceraian. Setelah bercerai dengan suaminya, Rowling harus menjadi orang tua tunggal untuk menghidupi anak-anaknya. 
[ Image Source ]

Dalam kesulitan ekonomi itulah, Rowling mulai menulis sebuah buku berjudul Harry Potter. Dengan bermodalkan mesin tik tua, Rowling lalu mulai menulis, bahkan karena tak memiliki uang untuk biaya fotokopi, ia harus mengetik ulang naskah-naskah tulisannya tersebut agar bisa dikirimkan ke beberapa penerbit. Sayangnya naskah-naskah tersebut mengalami penolakan oleh lebih dari sepuluh penerbit. Barulah pada penerbit ke 13, naskah tersebut diterima untuk diterbitkan. Hari ini nyaris semua orang pasti tahu dengan Harry Potter, baik melalui media film maupun buku. Dan konon kabarnya Rowling kini menjadi penulis dengan kekayaan yang melebihi Ratu Elizabeth.
Kelima orang tadi telah membuktikan bahwa kesulitan dan kemiskinan bukan alasan untuk mengalah pada takdir. Bangkit untuk berjuang menjalani hidup sebisa yang mereka bisa, maka takdir pun akan berubah dan berpihak pada diri mereka.



Written by

Kita seorang Penulis yang hanya ingin berbagi. Dengan Tulisan kita membuka jendela dunia dan menjadikan mata sebagai ganti tangan dan kaki kita. Selamat Membaca ^_^

0 comments:

Post a comment

 

© 2013 Info Keren dan Paling Ngetrend. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top