KEREN TREND

5 June 2016

Ini Lho 5 Menu Buka Puasa Ala Mancanegara

18:59

Jika berbicara mengenai kuliner bulan puasa, pastinya setiap negara memiliki menu andalan. Hidangan-hidangan yang muncul hanya setahun sekali ini memang selalu terasa istimewa, jika dibandingkan dengan hidangan regular di hari biasa. 
Indonesia punya kolak sebagai sajian khas untuk berpuka puasa. Negara-negara lain pun pastinya memiliki menu khas yang  juga selalu diburu sebagai teman berbuka. Berikut menu-menu khas tersebut:


Pakistan-Samosa

[ Image Source ]

Makanan berbentuk segitiga ini , akan mudah dijumpai di warung-warung di Pakistan jika Ramadhan tiba. Terbuat dari kulit pastry tipis yang diisi dengan sayur, keju paneer, dan juga rempah-rempah. Biasanya kue yang bercitarasa agak pedas ini akan disajikan bersama dengan saus yoghurt, chutney, irisan bawang bombay dan daun ketumbar, serta chaat masala.

Bangladesh-Rooh Afza

[ Image Source ]

Minuman ini pertama kali diracik oleh Hakeem Hafiz Abdul Majeed pada tahun 1907. Berwarna merah segar, minuman ini terbuat dari kelopak bunga mawar, ekstrak ketumbar, jeruk, nanas, wortel, bayam, dan daun mint. Menambahkan susu dan es ke dalam minuman ini, tentunya bisa menjadi pilihan agar penyajian lebih terasa menyegarkan.

Yordania dan Palestina-Qatayef

[ Image Source ]

Hidangan pencuci mulut yang memiliki kemiripan dengan pancake ini, dibuat dengan bahan-bahan-bahan yang sederhana. Terbuat dari adonan batter yang berasal dari terigu, air, dan telur. Adonan yang sudah dicampur ini biasanya akan ditambahkan dengan potongan keju atau campuran kacang seperti almond dan walnut. Untuk menambah kenikmatan dapat ditambahkan sirup dan juga madu.

Turki-Gullac

[ Image Source ]

Dessert dingin ini terdiri dari berlembar-lembar pastry yang direndam dalam susu hangat. Pastry berbentuk bundar dan besar yang terbuat dari tepung maizena dan tepung terigu ini, biasa diberi taburan kacang walnut di tengah-tengahnya. Tak ketinggalan air bunga mawar pun akan ditambahkan sebagai penambah aroma. Jika dilihat dari banyaknya lapisan dan taburan kacang, gullac cenderung mirip dengan baklava. Itulah yang kemudian membuat hidangan ini dianggap sebagai cikal bakal dari baklava.

Maroko-Harira

[ Image Source ]

Sup yang jamak ditemui di Maroko ketika bulan Ramadhan ini, berisi potongan daging domba, daging ayam ataupun daging sapi. Cara memasaknya pun cukup mudah, karena tak jauh beda dengan cara memasak sup pada umumnya. Selain potongan daging, sup ini juga ditambahkan lenti, tomat, bawang, nasi dan bumbu rempah seperti jahe, merica, seledri, dan peterseli.
Unik-unik kan menu khas berbuka dari berbagai negara tadi. Sebagai variasi menu berbuka, mungkin bisa kita coba salah satu menu tersebut.


Written by

Kita seorang Penulis yang hanya ingin berbagi. Dengan Tulisan kita membuka jendela dunia dan menjadikan mata sebagai ganti tangan dan kaki kita. Selamat Membaca ^_^

0 comments:

Post a Comment

 

© 2013 Info Keren dan Paling Ngetrend. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top