KEREN TREND

7 June 2016

5 Tradisi Ramadhan di Korea Ini Wajib Kamu Tahu!

13:47



            Setelah sebelumnya sempat disinggung aktor Korea yang beragama islam, namun baru sekadar rumor saja. Kali ini Keren Trend pengin membahas kira-kira tradisi di Korea sewaktu ramadhan seperti apasih? Pastinya di negeri dengan umat muslim yang masih minoritas tersebut sangat menarik untuk kita ketahui. Apakah di sana puasanya juga sama seperti yang ada di Indonesia?

            Nah, buat kamu yang mengaku K-Popers sejati 5 hal inilah yang biasa terjadi di Korea selama bulan puasa. Membaca setiap poinnya pasti bikin kamu pengin merasakan juga menjalankan ibadah di bulan ramadhan ini di negeri gingseng tersebut.
1.      Masjid di Korea itu selalu ramai
[ image source ]

Masjid di Korea itu bisa dihitung jari. Karena sedikitnya masjid inilah membuat sejumlah masjid yang ada di Korea ramai dikunjungi untuk meningkatkan amalan dikala puasa. Masjid yang ada di cetral Seol merupakan masjid yang paling ramai ketika bulan ramadhan seperti saat ini. Tidak hanya umat muslim sajalo, umat non muslim banyak berkunjung. Masjid di sini semakin ramai didatangi jamaah ketika shalat tarawih. Tahu tidak, saking ramainya sampai-sampai shaf shalat pun di perpanjang hingga ke jalan. Daebak! Tidak hanya itu sajalo, di masjid ini sendiri juga diadakan semacam sayembara di tingkat MTQ.
2.      Restoran di Korea masih buka walau puasa
[ image source ]

Karena memang mayoritas penduduk Korea bukan beragama islam, jadi beberapa tempat makan masih dibuka. Berbeda jauh dengan Indonesia. Wah, pasti tantangan banget bagi yang sedang berpuasa begitu lewat mencium aroma sedap masakan. Pasti semakin menantang bukan? Apalagi tirai-tirai di restoran juga tidak ditutup lo.
3.      Warga Korea kurang begitu tahu soal Ramadhan
[ image source ]

Sejumlah warga Korea tidak tahulo apa itu ramadhan. Hal ini ditunjukkan dengan keheranan kenapa sejumlah orang rela tidak makan selama beberapa minggu. Menahan lapar dan dahaga? Hal ini wajar karena memang muslim masih sangat minim di Korea sendiri.
4.      Kuliner Indonesia juga ada di Korea
Di sejumlah wilayah di Korea masih bisa kita temui masakan halal. Bahkan masakan Indonesia bisa dengan mudah kamu temukan di sana, apalagi di bulan puasa seperti saat ini. Masakan Indonesia sendiri yang biasa ada di Korea Selatan antara lain seperti kolak, ubi goreng, cendol, sop buah, tahu isi, dan masih banyak lagi. Kuliner-kuliner yang bikin ngiler dan memang biasanya tersaji sebagai menu buka puasa yang menggiurkan. Di sini juga tidak hanya orang Indonesia doing yang bisa nyicil, orang asli Korea atau negara lain pun boleh-boleh banget memakannya.
[ image source ]

5.      Puasa di Korea lama banget, bayangkan 17 jam!
[ image source ]


Ya ampun lama banget pasti ya puasa 17 jam, padahal di Indonesia sendiri saja hanya 13 jam doang. Tidak kebayang suara drum di perut bagi yang baru pertama kali menjalankan puasa, terlebih di hari pertama. Hehe. Nah, kenapa puasa di Korea Selatan terbilang lama, hal ini disebabkan oleh kondisi cuaca yang memang berbeda. Di Seol contohnya, imsak sendiri adalah jam setengah empat pagi, lalu berbuka di sana adalah jam setengah sembilan malam. Ini karena matahari baru terbenam di jam tersebut di mana sedang musim panas. Tapi masih adalo yang puasanya bisa sampai 21 jam, yakni di Negara Denmark, kebalikan dari Negara tersebut di Argentina puasanya paling cepat yaitu hanya 9 jam saja. Semua memang tergantung letak geografis daerah masing-masing.

Written by

Kita seorang Penulis yang hanya ingin berbagi. Dengan Tulisan kita membuka jendela dunia dan menjadikan mata sebagai ganti tangan dan kaki kita. Selamat Membaca ^_^

0 comments:

Post a comment

 

© 2013 Info Keren dan Paling Ngetrend. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top