KEREN TREND

7 June 2016

5 Menu Berbuka Ala Korea yang Menggugah Selera

12:05




            Saat berbuka merupakan waktu yang paling dinanti-nanti setelah seharian berpuasa menahan lapar serta haus. Sejumlah menu pilihan pasti akan terhidang di meja makan seperti takjil berupa kurma, kolak, juga es buah. Makanan berat pun biasa disantap setelah tarawih, karena ketika terlalu banyak makan saat berbuka bikin lemes dan mengantuk karena kondisi perut yang penuh. Tapi mengonsumsi makanan berat seperti nasi pun diperbolehkan asalkan dengan jumlah yang normal, bagaimana pun juga kondisi perut yang seharian tidak terisi makanan pasti akan kaget kalau langsung dimasuki banyak makanan. Kondisi yang biasa terjadi adalah bengah dengan kondisi perut terasa tidak nyaman.
            Untuk para K-Popers pasti seru dong ya kalau menikmati menu berbuka ala-ala Korea.
Terlebih saat ini di sejumlah kafe serta restoran juga sudah menyiapkan menu-menu dari negeri tersebut. Hem, pasti semakin nikmat saat berbuka ramai-ramai bersama sahabat dengan sejumlah cerita seru. Inilah 5 menu berbuka ala Korea yang begitu menggugah selera untuk dicicipi. Selain enak makanan-makanan berikut juga menyehatkan.
1.     1. Miyeok Guk
[ image source ]
Miyeok Guk adalah sup dengan bahan utama miyeok atau yang biasa kamu kenal dengan nama rumput laut cokelat. Kuah Miyeok Guk berasal dari kaldu tulang sapi serta kecap. Sup satu ini sendiri sangat cocok dimakan buat kamu yang sedang punya bayi. Miyeok Guk ini mengandung kalsium dan iodin yang bagus banget untuk meningkatkan jumlah produksi ASI. Di negeri asalnya, sup rumput laut hitam ini biasa dikonsumsi wanita hamil dan juga anak-anak di hari ulang tahunnya. Kenapa demikian? Karena dengan mengonsumsi sup ini di hari lahir, dimaksudkan menghargai makanan yang menemani sang ibu saat mengandung dirinya.
2.      2. Bibimbap
[ image source ]
Nama makanan ini pasti sudah tidak asing di telinga para penggemar film atau drama Korea. Hampir mirip dengan kimbap, bibimbap juga berasal dari kata yang sama yakni “bap” yang berati nasi. Nah, menu makanan ini bisa dijadikan santap ketika berbuka karena isi dari bibimpam ini sendiri terdiri dari sayuran, daging sapi, jamur, telur mentah, serta gochung saus asli Korea. Makanan ini sendiri biasa disajikan di mangkuk panas atau disebut dolsol, karena telur yang digunakan adalah telur mentah, maka ketika terkena panas akan matang dengan sendirinya.
3.    3.  Jajangmyeon
[ image source ]

Untuk kamu yang tidak ingin makan nasi saat berbuka, Jjajangmyeon bisa menjadi pilihannya. Makanan ini terbuat dari mie yang kemudian dicampur dengan saus kedelai hitam, sayur-sayuran, dan potongan daging sapi. Menu yang satu ini biasa disajikan dengan danmuji atau acar lobak yang kemudian disiram saus kedelai hitam dalam keadaan panas. Di atasnya juga biasa ditambah dengan potongan mentimun.
4.      4. Bulgogi
[ image source ]

Bagi pencinta makanan berupa daging, bulgogi adalah pilihan yang wajib dicicipi. Makanan yang terbuat dari lembaran-lembaran daging sapi ini sendiri dimasak dengan cara dipanggang atau digoreng dalam panci. Sebelumnya daging telah didiamkan terlebih dahulu dalam campuran kecap, gula, minyak wijen, bawang putih, lada, serta bumbu lain penambah sedap masakan ini. Bulgogi umum dimakan dengan membungkusnya bersama selada atau dimakan di mangkuk dengan menambah beragam lauk serta nasi.
5.      5. Kimchi
[ iamge source ]
Pada artikel sebelumnya kimchi pernah disinggung sebagai salah satu makanan tersehat di dunia. Nah, sebagai santap berbuka tidak ada salahnya mencoba menu makanan yang satu ini. Rasanya yang enak dan menyehatkan pasti membuat badan terasa bugar, asal tidak dimakan secara berlebihan tentunya. 

Written by

Kita seorang Penulis yang hanya ingin berbagi. Dengan Tulisan kita membuka jendela dunia dan menjadikan mata sebagai ganti tangan dan kaki kita. Selamat Membaca ^_^

0 comments:

Post a Comment

 

© 2013 Info Keren dan Paling Ngetrend. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top