KEREN TREND

8 June 2016

5 Replika Bangunan Terkenal yang Ada di Indonesia

07:00

Hal yang pertama diburu jika berwisata ke luar negeri, biasanya adalah momen berfoto di dekat bangunan yang menjadi ciri khas dari negara tersebut. Cukup dengan satu foto, maka identitas negara tersebut bisa langsung dikenali. Jadi jangan heran kalau urusan berfoto ini, menjadi satu tujuan utama para pelancong.
Nah jika ingin merasakan berfoto dengan bangunan-bangunan terkenal dunia, tanpa perlu keluar duit banyak dan tanpa perlu ribet sama urusan imigrasi, tidak ada salahnya kalau kita datangi saja replika bangunan-bangunan tersebut yang letaknya masih berada di kawasan Indonesia. Iya, Indonesia juga memiliki tiruan-tiruan dari bangunan-bangunan ciri khas luar negeri loh. Tak percaya? Tengok saja ke tempat-tempat di bawah ini.


Monumen Simpang Lima Gumul-Kediri


Kalau di Prancis ada Arc de Triomphe, di Kediri, Jawa timur sana ada monumen yang bentuknya sangat mirip dengan icon kota Paris ini. Memiliki luas bangunan seluas 804 meter meter persegi, dengan tinggi 25 meter, monumen ini jika dilihat sekilas sangat mirip sekali dengan Arc de Triomphe. 
[ Image Source ]

Bedanya monumen Simpang Lima Gumul ini, kabarnya dibangun karena terinpirasi dari Jongko Joyoboyo, seorang raja Kediri yang ingin menyatukan lima wilayah di kerajaan Kediri. Adanya arca Ganesha dan relief-relief yang menggambarkan sejarah Kediri, menjadi pembeda yang kentara monumen ini dari Arc de Triomphe.

Patung Yesus Memberkati-Manado


Icon kota Manado ini, terlihat mirip dengan dengan Patung Kristus Penebus yang ada di Rio de Jeneiro, Brazil. Dengan tinggi total 50 meter,patung ini menjadi patung tertinggi kedua di dunia. 
[ Image Source ]

Bedanya patung ini dibangun dengan posisi Yesus yang condong ke depan seperti sedang terbang. Dengan kemiringan patung yang mencapai 20 derajat, patung ini menjadi satu-satunya patung Yesus yang dibangun miring.

Candi Sukuh-Jawa Tengah


Ingin melihat Piramida Maya Chichen Itza yang ada di Meksiko? Coba lihat dulu candi Sukuh yang ada di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, eks Karesidenan Surakarta, di Jawa Tengah ini. Berjarak sangat jauh dari Meksiko, anehnya Candi ini memiliki kesamaan dari segi design arsitektur dengan Piramida yang ada di Meksiko sana. 
[ Image Source ]

Bagian atas candi yang terlihat seperti dipotong, kabarnya merupakan wujud Gunung Mandaragiri yang puncaknya dipotong, dan digunakan untuk mengaduk-aduk lautan untuk mencari tirta amerta, yang konon kabarnya dapat memberikan keabadian bagi siapa pun yang meminumnya.

Patung Buddha Tidur-Mojokerto


Di Indonesia patung Buddha tidur terbesar berada di Trowulan, Mojokerto. Melihatnya akan mengingatkan kita pada Patung Buddha Tidur yang berada di Wat Pho, Thailand. 
[ Image Source ]

Memiliki panjang 22 meter, lebar 6 meter, dan tinggi 4,5 meter, kabarnya patung ini adalah patung terbesar ketiga setelah patung yang ada di Thailand dan Nepal.

Menara Eiffel Bambu-Singaparna


Berdiri megah dengan tinggi sekitar 35 meter, replika Menara Eiffel yang dibuat oleh para seniman Tasikmalaya ini berada di kawasan Kantor Setda Tasikmalaya. Berdasarkan sejarah, dulu di Tasikmalaya memang pernah dibangun replika Menara Eiffel. 
[ Image Source ]

Adalah Van Bebber, seorang Belanda yang bertugas menjadi pengawas air, membangun replika Menara Eiffel pada tahun1898, guna menghormati Ratu Wilhemina. Sayangnya menara yang dibandun oleh Van Bebber ini telah runtuh, dan tak bisa lagi ditemukan di Tasikmalaya. Mungkin karena latar belakang sejarah itulah, maka replika Menara Eiffel di Singaparna ini dibuat.
Itulah tadi replika-replika bangunan dunia yang berada di Indonesia. Silakan buktikan sendiri bagaimana sensasi berfoto di replika-replika tersebut! Apakah semenarik jika berfoto di dekat bangunan aslinya?




Written by

Kita seorang Penulis yang hanya ingin berbagi. Dengan Tulisan kita membuka jendela dunia dan menjadikan mata sebagai ganti tangan dan kaki kita. Selamat Membaca ^_^

0 comments:

Post a comment

 

© 2013 Info Keren dan Paling Ngetrend. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top