KEREN TREND

6 June 2016

5 Tips Menghindari Bau Mulut Ketika Berpuasa

13:54

Keringnya mulut selama seharian ketika berpuasa, bisa menjadi penyebab munculnya bau mulut. Masalah bau mulut ini terjadi karena tak adanya pasokan makanan dan air, yang menyebabkan kelenjar ludah tidak bisa menghasilkan air liur dengan jumlah yang sama seperti biasanya. Padahal air liur ini sangat bermanfaat untuk menjaga nafas tetap segar.
Menghindari bau mulut, bisa kita lakukan dengan berusaha menjaga kesegaran nafas. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan, agar nafas tetap segar, tanpa perlu melanggar ketentuan-ketentuan berpuasa. Berikut ini adalah tips yang bisa kita lakukan:


Banyak minum air putih

[ Image Source ]

Selalu usahakan untuk minum air setidaknya 3 gelas ketika sahur. Hal ini selain bermanfaat untuk menjaga tubuh tetap segar, serta bermanfaat juga untuk menghindari dehidrasi. Selain dua manfaat tadi, mengkonsumsi air putih dengan jumlah yang pas bisa menghindarkan mulut dari kekeringan.

Makan buah-buahan

[ Image Source ]

Bau mulut bisa juga disebabkan oleh sariawan. Dan untuk menghindari bau mulut karena sariawan ini, bisa dengan cara memperbanyak konsumsi buah-buahan ketika sahur. Buah-buahan yang bagus untuk mencegah bau mulut adalah lemon dan strawberry. Kandungan vitamin C dalam kedua buah ini mampu membunuh kuman dan bakteri dalam mulut.

Minum Teh hijau dan teh bunga lavender

[ Image Source ]

Zat aktif yang bernama catechin, yang terkandung dalam teh hijau, memiliki khasiat yang mampu membunuh bakteri di dalam mulut. Begitu juga dengan teh bunga lavender, teh ini terkenal mampu mengendalikan dan membunuh bakteri penyebab bau mulut. Cobalah untuk rutin meminum kedua teh ini ketika sahur dan berbuka, agar bakteri dalam mulut bisa dikurangi.

Minum yoghurt

[ Image Source ]

Berdasarkan penelitian, yoghurt tanpa gula mampu mengurangi jumlah bakteri dalam mulut. Susu asam hasil fermentasi ini juga berkhasiat untuk mengurangi plak pada gigi. Meminum yoghurt ketika berbuka, selain segar juga bisa dijadikan solusi untuk mengurangi timbunan plak pada gigi.

Makan keju rendah karbohidrat

[ Image Source ]

Mengkonsumsi keju rendah karbohidrat tetapi tinggi kandungan kalsium, dapat meningkatkan produksi air liur. Adanya air liur ini bisa menjaga nafas tetap segar, dan menjauhkan mulut dari bau. Mengkonsumsi keju ini saat sahur, bisa menjadi pilihan yang unik, tetapi tetap berkhasiat dalam menjaga kesegaran mulut.
Itulah tadi cara-cara yang bisa kita lakukan untuk menghindari bau mulut ketika berpuasa. Cukup mudah, bukan?




Written by

Kita seorang Penulis yang hanya ingin berbagi. Dengan Tulisan kita membuka jendela dunia dan menjadikan mata sebagai ganti tangan dan kaki kita. Selamat Membaca ^_^

0 comments:

Post a comment

 

© 2013 Info Keren dan Paling Ngetrend. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top