KEREN TREND

18 June 2016

4 Budaya Bugis yang Patut Anda Ketahui

10:16

Kalau membahas tentang suku, Indonesia tentu dipandang sangat kaya dengan berbagai macam suku yang dimilikinya. Di penjuru negeri, terdapat banyak suku dengan segala trhhadisi dan budaya masing-masing. Salah satunya adalah suku Bugis. Suku tersebut berasal dari Sulawesi Selatan. Masyarakat suku Bugis terkenal dengan ketangguhannya dalam merantau. Itulah sebab orang Bugis tersebar di penjuru Indonesia. Untuk mengenal lebih dekat dengan suku Bugis, berikut ini adalah tradisi yang membudaya di suku Bugis.


Rumah Adat Bugis


Sama seperti suku lain, Bugis juga memiliki rumah adat yang memiliki keunikan. Bentuknya memanjang ke belakang, dengan tambahan di samping bangunan utama. Orang Bugis juga suka dengan arsitektur rumah yang memiliki kolong. 
[ Image Source ]

Konon, sebelum islam masuk dalam kehidupan orang Bugis, para leluhur percaya bahwa alam semesta memiliki tiga bagian, yaitu atas, tengah dan bawah. Mungkin hal itu yang mengilhamil masyarakat Bugis untuk menciptakan rumah dengan kolong.

Pakaian Adat Bugis


Bugis memiliki baju adat yang biasa disebut Bodo. Pakaian adat tersebut diperkirakan adalah jenis pakaian tertua yang ada di dunia. Hal itu diperkut dengan sejarah kain muslim yang jadi bahan dasar pembuatan baju bodo. 
[ Image Source ]

Merujuk pada catatan seorang pedagang arab bernama Sulaiman pada abad ke 19. Di tahun 1298, sebuah buku berjudul The Travel of Marco Polo menggambarkan bahwa kain muslim dibuat di Irak. Namun ternyata kain ini lebih dulu dikenal oleh masyarakat Sulawesi Selatan, yaitu di abad ke 9.

Seni Adat Bugis

[ Image Source ]

Kesenian paling terkenal dari suku Bugis adalah tari Paduppa Bosara. Tari ini merupakan tarian selamat datang. Tarian ini senantiasa dipertunjukan jika masyarakat kedatangan tamu. Tarian tersebut untuk menyambut dengan tarian sebagai bentuk penghormatan.


Kuliner Khas Bugis


Salah satu kekayaan yang dimiliki Bugis tentu saja kulinernya. Bugis memiliki makanan khas yang disebut Buras. Hampir sama dengan ketupat, namun yang membedakan adalah buras dimasak dengan campuran santan. 
[ Image Source ]

Jadi, rasanya tentu tidak hambar seperti ketupat, melainkan lebih gurih dan aromanya sedap. Untuk menambah kenikmatan buras, orang Bugis biasanya menikmati buras dengan kari ayam, daging dan juga telur. Biasanya hidangan ini disajikan saat hajatan.

Hmm… Indonesia, bagitu kaya akan suku dan budayanya. Di mana lagi bisa ditemui bermacam kekayaan suku jika tidak di bangsa kita ini?

Written by

Kita seorang Penulis yang hanya ingin berbagi. Dengan Tulisan kita membuka jendela dunia dan menjadikan mata sebagai ganti tangan dan kaki kita. Selamat Membaca ^_^

0 comments:

Post a comment

 

© 2013 Info Keren dan Paling Ngetrend. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top