KEREN TREND

2 July 2016

Lima Sungai Terpanjang di Indonesia

11:52

Negara Indonesia memiliki banyak sekali sungai, jadi tak heran jika dijuluki sebagai negara maritim. Di segala penjuru negeri memiliki sungai dari sungai kecil hingga yang berukuran besar. Sungai-sungai tersebut memiliki peranan yang sangat penting bagi kehidupan sehari-hari, sebagai irigasi sawah, pembangkit listrik, memasak dan masih banyak manfaat lainnya. Di antara banyaknya sungai di Indonesia, berikut ini adalah lima sungai yang dikenal paling panjang di Indonesia.

Sungai Kapuas

[ Image Source ]
Salah satu sungai terpanjang di Indonesia adalah Sungai Kapuas, terletak di Pulau Kalimantan. Sungai panjang ini juga memegang peran penting bagi penduduk sekitar. Salah satu manfaat terbesar adalah sebagai sarana transportasi. Panjang sungai ini menjapai 1.143 km, bermata air di Pegunungan Muller, berhilir di Selat Karimata.

Sungai Mahakam

[ Image Source ]
Sungai terpanjang selanjutnya adalah Mahakam. Masih berada di Pulau Kalimantan, tepatnya Kalimantan Timur. Hilirnya terletak pada Selat Makassar. Sungai ini memiliki panjang mencapai 909 km. Sama seperti Sungai Kapuas, Mahakam juga memegang peran penting dalam kehidupan sehari-hari. Bagi para wisatawan, pasti akan menyenangkan mengelilingi sungai mahakam yang sangat luas dengan menggunakan perahu.

Sungai Barito

[ Image Source ]
Sungai terpanjang selanjutnya adalah Barito, masih tetap terletak di Kalimantan. Panjang sungai ini sama dengan Mahakam, yaitu 909 km. Mata air sungai ini adalah Pegunungan Muller, sedangkan Hillirnya terletak di Laut Jawa. Sungai ini menyabet gelar terpanjang ketiga di Kalimantan. Sungai ini juga melewati Propinsi kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan.

Sungai Batanghari

[ Image Source ]
Kali ini memebahas Sungai panjang yang berada di pulau Sumatera, yaitu Batanghari. Sungai ini bermata air di Gunung Rasan dan berhilir di Muara Sabak. Memiliki panjang sekitar 800 km. Sungai Batanghari merupakan sungai terpanjang di Pulau Sumatera.

Sungai Seruyan 

[ Image Source ]
Sungai terpanjang selanjutnya adalah Sungai Seruyan. Sungai yang memiliki panjang 350 km ini terletak di Kalimantan Tengah. Hilirnya terletak di Laut Jawa, sementara mata airnya berasa dari mata air di bagian utara Provinsi Kalimantan Tengah. Sungai Seruyan juga tercatat sebagai empat Sungai terbesar dari Kalimantan.

Indonesia memiliki begitu banyak kekayaan, termasuk sungai-sungai besar yang memiliki banyak manfaat. Semoga kita bisa menjaga kelestariannya dengan tidak membuang sampah-sampah yang hanya akan mencemari sungai dan menjadi bumerang dan menjadi bencana. 

Written by

Kita seorang Penulis yang hanya ingin berbagi. Dengan Tulisan kita membuka jendela dunia dan menjadikan mata sebagai ganti tangan dan kaki kita. Selamat Membaca ^_^

0 comments:

Post a Comment

 

© 2013 Info Keren dan Paling Ngetrend. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top