KEREN TREND

23 June 2016

Selain Tahu Kuning, inilah Lima Kekayaan yang Dimiliki Kediri

09:14

Kediri adalah salah satu kota yang berada di Jawa Timur. Jika menyebut kota Kediri, barangkali yang terbayang di benak Anda adalah tahu kuning. Tahu kuning memang sudah terkenal menjadi oleh-oleh khas Kediri. Namun, asal Anda tau saja, sejatinya bukan hanya tahu kuning saja yang terkenal dari kota ini. Namun juga beberapa potensi ekomoni. Nah, untuk lebih mengenal Kediri, berikut ini adalah beberapa potensi yang dimiliki oleh kota menengah di Jawa Timur ini.

Perkebunan

Potensi kota Kediri di bidang perkebunan juga cukup menjanjikan. Meski luas Kediri hanya sekitar 5% dari Jawa Timur, namun kota satu ini cukup lincah bergerak dalam roda perekonomian.

[ Image Source ]

Meski termasuk daerah terik, namun tanah di Kediri begitu subur. Sangat memungkinkan bagi masyarakat membuka usaha perkebunan. Di Kediri sendiri sampai saat ini terkenal dengan perkebunan cokelatnya.

Wisata

Kediri juga salah satu kota dengan memiliki potensi di bidang wisata. Salah satu yang terkenal adalah Simpang Lima Gumul yang memiliki bentuk dan ukuran menyerupai L’Arc de Trimphe yang berada di Perancis. 

[ Image Source ]

Lokasi ini kerap kali dijadikan tujuan masyarakat setempat untuk menghabiskan waktu liburan. Lokasi ini juga banyak menarik minat warga dari luar kota. Hal itu tentu menjadi penyokong pendapatan kota dari sektor wisata.

Perikanan

Saat Anda memasuki wilayah Kediri, barangkali tak asing melihat jajaran rumah penduduk yang memiliki kolah di sekitar rumah. Begitulah, masyarakat Kediri memang gemar mengembangkan usaha perikanan. 

[ Image Source ]

Memang, usaha perikanan juga termasuk menjadi salah satu sektor yang menjanjikan. Baik ikan hias maupun ikan konsumsi. Beberapa lokasi yang terkenal dengan perikanan hias adalah Plosoklaten, Pare, dan Badas, di lokasi tersebut kerap kali diadakan berbagai kontes ikan hias dengan hadiah yang menggiurkan.

Pertanian

Benar jika Kediri merupakan lumbung padi bagi propinsi Jawa Timur. Kediri merupakan salah satu penghasil beras yang dapat diandalkan. Terlebih, tak hanya padi saja yang dihasilkan oleh kota satu ini, melainkan ubi, jagung, kacang tanah dan lain sebagainya.

[ Image Source ]

Untuk sayur mayur di Kediri juga sangat melimpah. Cabe, tomat, kacang sangat melimpah, terutama dari Grogol, Pandat dan Pacu.

Peternakan

Setelah wisata, pertanian, perikana dan perkebunan, yang tak kalah berpotensi dalam hal ekonomi adalah peternakan. Di Kediri didominasi oleh peternak sapi potong, namun peternak lain juga ada seperti kambing, entok dan sebagainya.

[ Image Source ]

Biasanya, peternakan dalam lingkup kecil seperti peliharaan masyarakat adalah kambing. Jika tidak membuat kolam ikan di depan rumah, kerap kali masyarakat memelihara sapi atau kambing.

Terbukti jika masyarakat Kediri lebih mandiri. Tak bingung wira-wiri mencari pekerjaan, masyarakat justru dapat menciptakan lapangan kerja sendiri dengan hasil yang tak kalah. Memang, tak ada pekerjaan yang lebih menyenangkan dari usaha sendiri, di mana kita jadi bos bagi diri sendiri. 

Written by

Kita seorang Penulis yang hanya ingin berbagi. Dengan Tulisan kita membuka jendela dunia dan menjadikan mata sebagai ganti tangan dan kaki kita. Selamat Membaca ^_^

0 comments:

Post a Comment

 

© 2013 Info Keren dan Paling Ngetrend. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top