KEREN TREND

12 June 2016

Inilah 5 Mitos Tentang Perempuan Sunda, Kamu Percaya?

14:08

Kita tentu tahu sendiri gimana cantiknya perempuan Sunda. Pesona tersebut pasti nggak mampu ditolak para laki-laki di seluruh Indonesia. Terlebih, tutur kata perempuan Sunda itu sangat halus dan santun, makin melengkapi kecantikan mereka.
Namun, meski memiliki banyak pesona yang tak bisa ditampik, ada juga mitos kurang sedap yang beredar seputar perempuan Sunda. Mitos-motos tersebut sudah ada sejak dahulu kala. Bahkan sampai saat ini, juga masih terdengar. Dan inilah mitos-mitos tersebut.

Laki-laki Jawa Dilarang Menikah dengan Perempuan Sunda

Sejak dulu, sudah ditekankan untuk setiap laki-laki Jawa agar mereka tidak memilih perempuan Sunda sebagai pasangan. Jika ingin menikah, harus dengan perempuan suku lain. Begitupun sebaliknya. Perempuan Sunda boleh menikah, asalkan tidak dengan lelaki Jawa. 
[ Image Source ]

Entah apa yang mendasari larangan ini. Namun, beberapa berpendapat jika orang perempuan Sunda menikah dengan lelaki Jawa maka pernikahan mereka akan hancur. Tapi, siapa yang bisa meramal masa depan? Toh jodoh dan takdir di tangan Tuhan.

Perempuan Sunda Cantik-cantik Karena Mereka Hobi Dandan

Banyak penilaian bahwa kecantikan peremuan Sunda itu didapat dari hobi dan kepiawaian mereka dalam hal bersolek. Keahlian merias diri tersebut juga menuai pendapat jika perempuan Sunda hanya memikirkan penampilan dan tidak suka bekerja, alias tidak bisa diajak susah.
[ Image Source ]

Banyak yang melarang lelaki Jawa menikahi perempuan Sunda karena adanya kekhawatiran akan terjadinya kesusahan ekonomi karena suami harus bekerja untuk memenuhi hasrat berdandan sang istri. Ah, barangkali ada satu dua orang wanita yang cuma suka berdandan, tapi tidak semua demikian.

Konon Terlarangnya Hubungan Sunda Jawa Terlarang Akibat Perang Bubat

Dipercaya bahwa dahulu kala terjadi perang antara Padjajaran dan Majapahit. Intinya, Padjajaran merasa terkhianati oleh Majapahit. Mereka pun akhirnya bersumpah tidak akan berhubungan dengan Majapahit lagi, termasuk anak keturuan mereka.
[ Image Source ]

Beberapa bahkan percaya bahwa jika melanggar sumpah tersebut akan terkena sial. Tapi, bukannya itu hanya sejarah ya? Masa lalu biarlah berlalu, yang penting itu songsong hari baru.


Banyak Pendapat Bahwa Perempuan Sunda Matre

Cap macam itu memang banyak diberikan pada perempuan Sunda. Saat menikah, banyak anggapan jika perempuan Sunda hanya tertarik pada kekayaan si pasangan. Sementara jika wanita Sunda memiliki suami yang tak begitu kaya, ia akan memaksa pasangannya untuk terus bekerja hingga memenuhi hasrat sang istri.
[ Image Source ]

Terlebih, perempuan Sunda jika menikah dengan lelaki Jawa konon maunya menang sendiri. Tidak mau menetap di Jawa dan malah memaksa si suami tinggal di Sunda selamanya. Tentu saja itu hanya desas-desus miring.

Katanya Lagi, Laki-laki yang Tetep Ngotot Menikah Sama Perempuan Sunda Rumah Tangganya Bakal Rusak

Konon, pasangan lelaki Jawa dan perempuan Sunda yang tetap menikah akan menuai akibatnya. Rumah tangga mereka akan hancur karena konflik-konflik yang terus bermunculan. Tapi toh hal itu cuma 'katanya' sebab, nggak benar-benar terjadi dengan banyak pasangan yang sudah membuktikan.
[ Image Source ]

Masalah konflik, dalam rumah tangga tentu saja akan selalu ada masalah. Adem ayem itu adalah hal yang tidak mungkin. Yang dibutuhkan adalah saling mengerti untuk bisa melewati masalah. Badai pasti berlalu.

Entah dari mana asal lima mitos di atas. Tapi yang jelas itu nggak adil banget buat wanita Sunda, buat lelaki Jawa juga. Lantas, bagaimana menurutmu tentang mitos-mitos tersebut? Yang pasti nggak setuju, kan? Share ya, sambil sertakan alasanmu. Jelasin kalau mitos ini nggak bener. 


Written by

Kita seorang Penulis yang hanya ingin berbagi. Dengan Tulisan kita membuka jendela dunia dan menjadikan mata sebagai ganti tangan dan kaki kita. Selamat Membaca ^_^

0 comments:

Post a comment

 

© 2013 Info Keren dan Paling Ngetrend. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top