KEREN TREND

18 June 2016

5 Tempat Wisata di Nganjuk ini Akan Membuatmu Belajar Mengenal Budaya serta Sejarah

20:40



            Nganjuk merupakan salah satu kabupaten yang ada di Jawa Timur. Nganjuk sendiri berada di dataran rendah serta pegunungan yang membuat suhu di daerah ini cenderung normal, tidak terlalu panas maupun dingin. Jika kamu berkunjung ke kota yang mempunyai makna tanah kemenangan ini, maka tidak ada salahnya untuk menikmati sejumlah destinasi wisata yang akan membuatmu terpikat.

Ada banyak sekali tempat wisata di Nganjuk, dan kali ini Keren Trend ingin mengajak kamu tidak hanya sekadar jalan-jalan saja, namun kembali mengenal budaya serta sejarah yang ada di wilayah satu ini. Berikut 5 tempat wisata seru yang patut masuk daftar liburan kamu.
1.      Museum Anjuk Ladang
Museum Anjuk Ladang merupakan tempat yang wajib kamu kunjungi apabila ingin mengetahui akan Nganjuk di masa lampau. 
[ image source ]

Di tempat ini sendiri ada beragam koleksi seperti benda serta cagar budaya di zaman Hinud, Doho, Majapahit, dan ada pula prasasti Anjuk Ladang yang merupakan permulaan berdirinya kabupaten Nganjuk. Museum yang tertelak di jantung kota Nganjuk atau lebih jelasnya di sebelah timur Terminal Bus Kota ini memang layak untuk dijadikan sarana edukasi. Museum ini dibagi menjadi sejumlah bagian, seperti di wilayah depan yang diisi dengan prasasti, lebih masuk ke dalam diisi beragam guci, mangkok, wayang kulit, topeng dan masih banyak lagi.
2.      Candi Ngetos
Candi yang berlokasikan di desa Ngetos ini merupakan saksi sejarah akan kebudayaan di masa lampau, tepatnya pada abad ke XV. 
[ image source ]

Candi Ngetos sendiri merupakan tempat dimakamkannya Raja Hayam Wuruk pada zama Majapahit. Untuk kamu yang tertarik menuju lokasi ini, jalan yang dilalui cukup mulus beraspal yakni di antara wilayah Kuncir dan Ngetos. Sayangnya, karena sejumlah hal beberapa bangunan fisik dari candi ini sedikit rusak dan mungkin akan membuat kamu kesulitan mengenali bangunan aslinya dulu seperti apa. Tapi walau demikian, candi Ngetos tetap asik untuk dikunjungi.
3.      Candi Lor
Candi selanjunya adalah Candi Lor yang berlokasikan di Desa Candirejo, Kecamatan Loceret. Diperkirakan candi ini dibangun sekitar tahun 937 M dengan bahan bangunan berupa batu bata merah. 
[ image source ]

Candi ini sendiri seakan menjadi simbol berdirinya kota Nganjuk. Lokasi yang bernilai luhur dengan artsitektur menarik, tentu bagi kawula muda adalah latar terbaik untuk diabadikan dalam jepretan kamera. Namun, walau demikian tetap harus sopan ya serta tidak meninggalkan apapun seperti sampah dan lain-lain.
4.      Monumen Dr.Soetomo
Monumen ini terletak tak jauh dari candi Lor karena sama-sama terletak di wilayah Loceret, tepatnya kali ini di Dese Ngepeh. 
[ image source ]
Monumen ini sendiri dibangun sebagai pengingat kelahiran Bung Tomo. Sekadar info juga nih jika ari-ari beliau bahkan dikubur tepat di bawah patung ini. Monumen dengan posisi duduk serta mengarah ke selatan ini menggambarkan apabila beliau merupakan seorang yang cendikiawan ditambah adanya buku seolah menjelaskan apabila pentingnya memperdalam sebuah ilmu. Monumen ini sendiri terdiri dari patung Bung Tomo sendiri dan juga pendopo induk serta bangunan pringgitan. Tak jauh dari monemum ini terdapat satu monumen lagi, yakni Monumen Jenderal Sudirman. Monumen ini sendiri dibangun tak lain untuk mengenang jasa beliau.
5.      Pura Kerta Bhuwana
Berbicara mengenai pura tidak selalu harus ke Bali, karena di Nganjuk pun terdapat pura tertua di Pulau Jawa. 
[ image source ]

Pura Kerta Bhuwana terletak di Dusun Cukrik, Desa Bajulan, Kecamatan Loceret. Karena lokasinya yang berada di balik lereng Gunung Wilis suhu di lokasi ini pun cenderung dingin. Setiap sisi Pura Kerta Bhuwana sangat menarik untuk dinikmati.

Written by

Kita seorang Penulis yang hanya ingin berbagi. Dengan Tulisan kita membuka jendela dunia dan menjadikan mata sebagai ganti tangan dan kaki kita. Selamat Membaca ^_^

0 comments:

Post a comment

 

© 2013 Info Keren dan Paling Ngetrend. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top