KEREN TREND

17 June 2016

5 Hal Menarik Tentang NTT yang Begitu Mengagumkan

09:38

Nusa Tenggara Timur atau lebih akrab dengan sebutan NTT merupakan salah satu provinsi yang ada di bagian tenggara Indonesia. Jika melihat lambang dari daerah ini yang salah satunya berupa komodo, maka bukan suatu hal yang asing lagi karena di NTT reptil purba tersebut bahkan masih ada sampai saat ini. Lebih tepatnya binatang prasejarah tersebut mendiami pulau komodo.

Berbicara tentang NTT pasti membuat siapa saja tertarik, khususnya untuk seorang yang belum pernah menyambagi daerah tersebut. Berikut Keren Trend merangkum 5 hal menarik tentang NTT yang patut untuk kamu ketahui, karena sejumlah hal di dalamnya begitu mengagumkan
1.  Orang NTT ramah-ramah dan menyenangkan

Wah sangat salah kalau kamu bilang orang NTT kasar-kasar. Itu artinya kamu belum mengenal mereka lebih jauh dan dekat, baru sekadar pandang. Sama seperti pribahasa, don’t judge a book by its cover
[ image source ]


Padahal jika kamu sudah mengenal mereka lebih jauh, mereka sangat asik dan terbuka untuk diajak tukar pendapat. Mereka juga sangat menghormati orang lain serta loyal. Jika kamu datang ke NTT lihatlah betapa mereka akan menyambutmu dengan hangat dan akrab. Untuk yang mengatakan orang NTT keras, ada benarnya juga karena mereka termasuk tipe orang yang menyukai akan kerja keras dan semangat hidup.

2. Banyak tempat berlibur yang indah di NTT

NTT tidak hanya punya Labuhan Bajo dan Pulau Komodo saja yang menjadi tempat wisata untuk berlibur.
[ image source ]


 Tetapi ada banyak sekali destinasi wisata mengagumkan di daerah ini. Pernah melihat pecahan uang rupiah lama? Ya, ada danau kalimutu yang punya tiga warna memesona, ada juga pantai koka, pink beach, Gunung Mutis, Air Terjun Oehala, dan masih banyak lagi kekayaan NTT yang asri dan layak untuk dikunjungi sebagai tempat melepas penat. Dijamin kamu akan puas dan tidak menyesal untuk datang lagi ke NTT di kemudian hari.

3.  Di NTT ada banyak suku yang hidup berdampingan dengan damai


Berbicara mengenai suku, di NTT ada beragam suku yang mendiami setiap pulau-pulaunya. Bahkan sejumlah orang menyebut NTT dengan singkatan FLOBAMORA, yakni Flores, Sumba, Timor, dan Alor. 
[ image source ]


Tidak hanya itu saja lo ada sejumlah pulau lain yang juga sama terkenalnya yaitu Rote, Sabu, Semau, serta Adonara. Sebut saja Flores, di daerah ini punya keunikan karena bahasa dari daerah yang meninggali pulau tersebut sudah berbeda pengucapan. Seperti orang Manggarai dan Ende sudah berbeda, serta sejumlah daerah lain. Tapi walau berbeda, mereka dapat hidup berdampingan dengan damai
.

4. Warga NTT suka bersosialisasi melalui organisasi

Warga NTT sangat menyukai aktivitas bersosialisasi. Ini bisa dilihat dari sejumlah organisasi serta komunitas-komunitas yang ada di sini.
[ image source ]

Seperti FLOBAMORA, Adonara, beberapa lembaga organasisi yang ada di masing-masing desa, bahkan sastra pun ada. Bagi pecinta sastra nama seperti Gerson Pyok pasti sudah bukan suatu yang asing di telinga, dan beliau berasal pulau Rote lo. Keren ya. Hal ini membuktikan jika di daerah ini masyarakatnya menyukai bersosialisasi. Mayoritas penduduk di NTT sendiri menganut agama protestan dan katolik, namun meski berbeda keyakinan hal tersebut tidak menyulut konflik dan mampu hidup berdampingan dengan indah.

5.     Budaya yang di NTT begitu mengagumkan

Adat serta budaya luhur yang masih terjaga hingga saat ini di wilayah NTT tentu membuat siapa saja berdecak kagum. 
[ image source ]


Ada banyak sekali budaya di NTT yang pastinya menarik untuk diulik. Misalnya saja, upacara yang dilakukan dalam pemakaman, prosesi menanam jagung dengan sejumlah ritual khusus, tenun khas timur yang memesona, dan masih banyak lagi. Ada juga peninggalan budaya yang benilai tinggi sebut saja sasando yang berasal dari Rote, Nagekeo, Caci, Gawi, Ja’i, serta lain-lain yang terntunya menjadi warisan akan kekayaan budaya yang ada di NTT sendiri, pula sebagai ilmu pengetahuan untuk semua orang.

Written by

Kita seorang Penulis yang hanya ingin berbagi. Dengan Tulisan kita membuka jendela dunia dan menjadikan mata sebagai ganti tangan dan kaki kita. Selamat Membaca ^_^

0 comments:

Post a Comment

 

© 2013 Info Keren dan Paling Ngetrend. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top