KEREN TREND

25 June 2016

Lima Gunung Paling Cantik di Indonesia yang Cocok Untuk Pendakian

09:20

Salah satu obyek wisata alam yang tak pernah membosankan tentu saja gunung. Di Indonesia sendiri memiliki banyak sekali gunung dengan pemandangan cantik. Bermacam gunung yang tersebar di seluruh penjuru negeri memang memiliki ciri khas dan daya pikat tersendiri.
Para pencinta alam yang gemar mendaki, pastilah punya gunung yang menjadi favorit untuk dikunjungi. Dan berikut ini adalah lima gunung dengan pemandangan paling cantik, yang sangat layak untuk dikunjungi


Gunung Kelimutu

Gunung ini memiliki pemandangan yang luar biasa memikat, terleb gunung ini memiliki tiga buah danau yang berada di bawah puncaknya. Danau tersebut biasa disapa dengan tiga warna, sebab memang memiliki warna yang berbeda: biru, merah dan putih.

[ Image Source ]

Nama Kelimutu sendiri berasal dari keli yang berarti gunung dan mutu yang berarti mendidih. Konon, warna air danau gunung tersebut juga memiliki arti tersendiri. Danau berwarna biru merupakaan berkumpulnya jiwa-jiwa muda-mudi yang terlah meninggal. Warna merah, merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa orang yang kerap kali melakukan kejahatan semasa hidup. Sementara danau berwarna putih merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa orang tua yang telah meninggal.

Gunung Semeru

Gunung ini merupakan yang tertinggi di pulau Jawa. Memiliki ketinggian sekitar 3.676 meter dari permukaan laut. Lokasi gunung ini terletak di wilayah kabupaten Malang dan Lumajang. Lokasi tersebut sangat terkenal dengan bunga Edelweis yang tentunya tidak tumbuh di tempat sembarangan.

[ Image Source ]

Untuk bisa mendaki gunung ini, diperlukan stamina yang lebih, sebab membutuhkan waktu sekitar empat hari untuk melakukan pendakian pergi pulang. Para pendaki juga sebaiknya memilih waktu pendakian saat musim kemarau. Sebab, di musim penghujan rawan sekali terjadi tanah longsor.

Gunung Kerinci

Gunung cantik ini dikelilingi hutan lebat Taman Nasional Kerinci Seblat. Lokasi tersebut juga merupakan habitat dari harimau dan badak Sumatera. Terletak di sekitar 130 km selatan Padang. Merupakan gunung yang masih aktif dan pernah meletus di tahun 2009.
[ Image Source ]

Gunung Kerinci juga menjadi salah satu yang tertinggi di Indonesia. Ketinggiannya mencapai 3.805 mdpl. Menariknya lagi, di sebelah timur gunung ini terdapat danau Bento, merupakan rawa yang memiliki air yang sangat jernih. Di belakangnya juga terdapat gunung dengan tujuh kawah yang luar biasa indah.

Gunung Bromo

Merupakan kawasan wisata yang banyak diminati para pendaki karena pemandangannya yang menawan. Memiliki ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut dan berada dalam empat wilayah, Kab. Probolinggo, Lumajang, Pasuruan dan Malang.

[ Image Source ]

Penduduk suku Tengger percaya jika Bromo merupakan gunung suci. Sekali dalam setahun, masyarakat mengadakan upacara Yadnya Kasada atau Kasodo. Upacara tersebut dilakukan di sebuah pura yang terletak di bawah kaki gunung Bromo.

Gunung Rinjani

Gunung cantik ini berlokasi di pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Merupakan gunung merapi tertinggi kedua di Indonesia dengan ketinggian mencapai 3.726 mdpl.  Menjadi salah satu yang menjadi favorit para pendaki Indonesia karena pemandangannya yang begitu indah. 

[ Image Source ]

Selain itu, gunung ini juga termasuk dari Taman Nasional Gunung Rinjani yang luasnya sekitar 41.330. Di sekitar gunung Rinjani juga terdapat segara anak dengan pemandangan yang sangat indah, serta banyak terdapat ikan mas dan juga mujair. Sangat cocok digunakan untuk memancing.
Dari lima gunung yang sangat recommended di atas, mana yang menurut Anda paling cantik?

Written by

Kita seorang Penulis yang hanya ingin berbagi. Dengan Tulisan kita membuka jendela dunia dan menjadikan mata sebagai ganti tangan dan kaki kita. Selamat Membaca ^_^

0 comments:

Post a Comment

 

© 2013 Info Keren dan Paling Ngetrend. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top